Sistem pengelolaan PSTI dilakukan mengacu pada renstra universitas dan fakultas. Setelah melihat renstra universitas dan fakultas, PSTI berdiskusi dengan dosen, sampai terbentuknya renstra PSTI yang dijabarkan dalam Rencana Operasional (Renop) yang diputuskan bersama-sama dengan pimpinan fakultas, universitas dan Perkumpulan Pendidikan Bina Darma yang memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang dilaksanakan dalam setiap tahun. Sistem pengelolaan fungsional dan operasional PSTI mencakup planning, organizing, staffing, leading dan controlling.

  • Planning, yaitu : setiap program kerja atau kegiatan selalu berdasarkan perencanaan yang sudah dipetakan sejak awal tahun, sehingga ketika implementasi aktivitas yang ada sudah diprediksi sejak awal.
  • Organizing, staffing dan leading dilihat dari program kerja yang direncanakan terorganisir dengan baik, dimulai dari deskripsi program, target, strategi pencapaian, waktu dan penanggungjawab, sehingga pada saat pelaksanaan mampu terimplementasi dengan baik dan bertanggungjawab. Organizing di PSTI dilakukan dengan pengembangan dosen PSTI dilakukan dengan dua cara, yaitu memberikan pelatihan-pelatihan agar dapat meningkatkan kompetensi dan melanjutkan pendidikan dosen ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.  Leading terhadap sumber daya manusia (dosen) di PSTI dilakukan dengan baik. Pengarahan dilakukan dengan rapat koordinasi di awal semester untuk perencanaan perkuliahan dan di akhir semester untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran. Pengarahan tersebut meliputi: mekanisme proses pembelajaran, tertib administrasi pengumpulan soal dan SAP, dan pergantian dosen pengampu mata kuliah. Representasi diwujudkan dengan mengevaluasi pelaksanaan program yang sesuai dengan perencanaan perkuliahan di lingkungan program studi.
  • Penganggaran dilakukan dengan cara menyusun dan mengusulkan anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan PSTI ke Universitas Bina Darma.

Controlling dilakukan oleh Biro Penjamin Mutu yang ada di UBD dengan melakukan audit internal dan audit eksternal untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dan renstra serta kegiatan kemahasiswaan.

gambar 09_001